Manfaat Buah Markisa bagi kesehatan

Manfaat Makan buah Markisa bagi kesehatan



Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, Buah ini banyak tumbuh di wilayah indonesia. Jenis buah ini memanfaatkan bijinya untuk dimakan, Buah ini memiliki rasa yang khas dengan perpaduan rasa asam dan manis sehingga menciptakan sensasi yang menyegarkan apalagi kalau kita meminumnya dalam keadaan dingin pada siang hari. Segerrr... pasti sangat nikmat! Mari kita simak sedikit penjalasan dan maanfaat tentang buah markisa.

Buah Markisa yang sering di temukan di wilayah indonesia ada dua jenis, yaitu
markisa ungu dan kuning.

Perbedaan Markisa Ungu dan markisa Kuning

1. Markisa Ungu

Markisa ungu atau nama latinnya passiflira edulis berbentuk bulat telur atau bulat penuh dan mempunyai garis tengah sekitar 4-6 cm. Varian markisa ini adalah yang terbanyak di budidayakan karena rasanya yang paling lezat dan wangi aroma buahnya. Biasanya markisa ini bisa di temukan di kawasan dataran tinggi dengan iklim basah

2. Markisa Kuning 

Markisa kuning atau nama latinnya passiflora flavicarpa biasanya berbentuk lebih besar dari varian markisa ungu dan memiliki kulit buah berwarna kuning cerah apabila sudah matang atau tua. Varian markisa ini merupakan mutasi varian markisa ungu. biasanya markisa ini bisa di temukan di wilayah dataran rendah atau wilayah dengan iklim hangat. markisa kuning mempunyai buah dengan rasa lebih asam dibandingkan dengan markisa ungu.


Manfaat Mengonsumsi buah markisa bagi kesehatan

1. Buah markisa mengandung banyak serat
Buah markisa banyak mengandung serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat Memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat. biji dari buah ini pun bisa dimakan karena mengandung serat. buah markisa juga bisa di jadikan pencahar ringan.

2. Buah markisa banyak mengandung antioksidan

Warna dari kulit buah yang berwarna ungu serta warna daging yang berwarna orange,menunjukkan bahwa buah ini banyak mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. salah satu antioksidan utama yang di temukan dalam buah ini adalah beta-karotin.

3. Buah markisa cocok bagi penderita asama

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma, buah markisa ini cocok untuk di konsumsi bagi orang yang menderita asma, karena dapat menenangkan serangan asma. selain itu buah markisa mengandung vitamin C buah markisa juga memiliki efek menghambat histamin yang menyebabkan gejala asama.

4. Buah markisa memilik efek relaksasi

Meminum segelas jus markisa dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran andan dan membuat perasaan menjdai lebih tenang. buah ini sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.

5. Buah markisa cocok bagi penderita insomnia
Bagi anda yang memiliki masalah pada waktu tidur anda, atau anda susah untuk tidur, maka buah markisa ini solusinya, karena buah markisa ini dapat merilekskan pikiran anda. dengan meminum segelas jus markisa sebelum tidur.

6. Buah markisa banyak memiliki nutrisi yang baik
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. buah markisa juga mengandung vitamin A. Vitamin A dapat meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu pertumbuhan sel.

7. Buah markisa baik untuk diet

Bagi orang-orang yang sedang menjalani diet, Buah- buah merupakan hal wajib yang harus dikonsumsi, dan markisa sangat baik untuk dikonsumsi. hal ini di karenakan markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100g buah markisa juga rendah sodium dan lemak. markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat anda kenyang, sehingga anda tidak ingin makan makanan lain lagi.

Subscribe to receive free email updates: